Informasi Latar
Belakang
PT. XYZ
berlokasi di JL. Simpang Raya No. 1005, Depok,
didirikan pada tahun 2006 sebagai perusahaan yang bergerak di bidang kuliner, didirikan oleh Deva
Mahenra dan di bantu
oleh beberapa orang
yang bekerja di bidangnya masing-masing antara lain:
1. Deva
Mahenra sebagai faounder & president director
2. Angga
Umantara sebagai Corporate
secretary
3. Bastian
Irawan sebagai Operating Manajer
4. Chelsea
Islan sebagai Marketing & Advertising manager
5. Rasyid
sebagai Bussines
Development Manager
6. Ben
Joshua sebagai Supply Chain Management Manager
Tujuan di dirikannya perusahaan
adalah sebagai penyedia berbagai olahan produk makanan yang
unikdan enak,memberikan kualitas pelayanan yang baikdan selalu memberikan nilai tambah dalam produk dan pelayanannya dan senantiasa berinovasi
dan meningkatkan kualitas pelayanan. Jenis barang dan produk utama yang dihasilkan:
1.
produkdengan olahan Lele
2.
produkdengan olahan Ayam
3.
produkdengan olahan Bebek
4.
produkdengan olahan Sayuran
5. aneka minuman
Susunan direksi perusahaan adalahsebaga
iberikut:
Direktur Utama : Deva
Mahenra
Direktur Administrasi dan keuangan : Chelsea
Islan
Tujuan dilakukannya audit adalah untuk:
1. Mengetahui
apakah perusahaan telah menerapkan sistem ISO 9001:2001
2.
Mengetahui kualitas mutu produk perusahaan
3. memberikan
saran saran perbaikan atas kelemahan system
pengendalian manajemen yang
ditemukan.
BAB II
KESIMPULAN AUDIT
Berdasarkan temuan (bukti) yang telah kami peroleh selama audit yang kami lakukan, kami dapat menyimpulkan
sebagai berikut:
Kondisi:
1.
upayadokumentasi dalam penerapan system
manajemen kualitas ISO 9001:2001 yang dilakukan organisasi
belum mencakup manual
(bukupanduan) kualitasnya.
2.organisasi belum menetapkan suatu prosedur terdokumentasi
dalam mengendalikan seluruh dokumen yang
dibutuhkan perusahaan menurut persyaratan ISO
9001:2001 yang mencakup pengendalian
persetujuan terhadap kecukupan dokumen perusahaan
sebelum diterbitkan.
Kriteria:
1. dokumentasi dalam penerapan system manajemen kualitas ISO 9001:2001 yang dilakukan organisasi
telah mencakup manual
(bukupanduan) kualitas.
2.
organisasi telah menetapkan
suatu prosedur terdokumentas
iuntuk mengendalikan
seluruh dokumen yang
dibutuhkan menurut persyaratan ISO 9001:2001 mencakup pengendalian
persetujuan terhadap kecukupan dokumen sebelum diterbitkan.
Penyebab:
1. bagian manajemen kualitas tidak melakukan penerapan system manajemen kualitas.
2. tidak menetapkan
prosedur terdokumentasi
yang mengendalikan seluruh dokumen yang
dibutuhkan.
Akibat:
1.
dokumentasi dalam laporan keuangan dan penerapan manajemennya belum maksimal di
jalankan karena tidak menerapkan
system manajemen kualitas ISO
9001:2001
2.
dokumen-dokumen tidak terdokumentasi
dengan baik dan pengendaliannya tidak terjalan dengan sempurna karena perusahaan tidak menerapkan prosedur dokumentasi dalam mengendalikan seluruh dokumen.
NO
|
Kondisi
|
Kriteria
|
Penyebab
|
Akibat
|
1
|
upayadokumentasidalampenerapan system
manajemenkualitas ISO 9001:2001 yang dilakukanorganisasibelummencakup manual
(bukupanduan) kualitasnya.
|
dokumentasidalampenerapan
system manajemenkualitas ISO 9001:2001 yang dilakukanorganisasitelahmencakup
manual (bukupanduan) kualitas.
|
bagianmanajemenkualitastidakmelakukanpenerapan
system manajemenkualitas.
|
dokumentasidalamlaporankeuangandanpenerapanmanajemennyabelummaksimal
di jalankankarenatidakmenerapkan system manajemenkualitas ISO 9001:2001
|
2
|
organisasibelummenetapkansuatuprosedurterdokumentasidalammengendalikanseluruhdokumen
yang dibutuhkanperusahaanmenurutpersyaratan ISO 9001:2001 yang
mencakuppengendalianpersetujuanterhadapkecukupandokumenperusahaansebelumditerbitkan.
|
organisasitelahmenetapkansuatuprosedurterdokumentasiuntukmengendalikanseluruhdokumen
yang dibutuhkanmenurutpersyaratan ISO 9001:2001
mencakuppengendalianpersetujuanterhadapkecukupandokumensebelumditerbitkan.
|
tidakmenetapkanprosedurterdokumentasi yang
mengendalikanseluruhdokumen yang dibutuhkan.
|
dokumen-dokumentidakterdokumentasidenganbaikdanpengendaliannyatidakterjalandengansempurnakarenapeusahaantidakmenerapkanprosedurdokumentasidalammengendalikanseluruhdokumen.
|
BAB III
REKOMENDASI
Hasil audit yang
telah dilakukan menemukan beberapa kelemahan yang menjadi perhatian. Keputusan melakukan perbaikan atas kelemahan ini sepenuhnya ada pada manajemen,
tetapi jika kelemahan ini tidak sesegera mungkin di tangani maka akan terjadi akibat yang
lebih buruk pada perusahaan di
masamendatang. Kelemahan ini terdiri dari:
1.
kelemahan yang terjadi karena tidak adanya upaya dalam meningkatkan
penerapan system manajemen kualitas berdasarkan ISO 9001:2001.
2.
kelemahan ini terjadi karena perusahaan
belum menetapkan prosedur terdokumentasi dengan mengendalikan seluruh dokumen yang
dibutuhkan perusaan berdasarkan ISO 9001:2001.
Rekomendasi:
1. perusahaan seharusnya
menerapkan penerapan system
manajemen pengendalian kualitas berdasarkan ISO
9001:2001
2. perusahaan di
harapkan bisa
menerapkan prosedur dokumentasi yang
telah ditetapkan ISO
9001:2001 kedalam pengendalian dokumen perusahaan.
BAB IV
RUANG LINGKUP AUDIT
Sesuai dengan tugas yang kami terima, audit
yang kami lakukan hanya meliputi masalah manajemen kualitas PT. XYZ
untuk periode tahun 2014/2015. Audit kami mencakup upaya dokumentasi dalam penerapan system manajemen kualitas ISO
9001:2001, prosedur terdokumentasi dalam mengendalikan
seluruh dokumen yang
dibutuhkan perusahaan
menurut persyaratan ISO
9001:2001.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar