Selasa, 12 Mei 2015

LAPORAN AUDIT MUTU STUDI KASUS PADA PT. XYZ



Informasi Latar Belakang
PT. XYZ berlokasi di JL. Simpang Raya No. 1005, Depok, didirikan pada tahun 2006 sebagai perusahaan yang bergerak di bidang kuliner, didirikan oleh Deva Mahenra  dan di bantu oleh beberapa orang yang bekerja di bidangnya masing-masing antara lain:
1. Deva Mahenra sebagai faounder & president director
2. Angga Umantara sebagai Corporate secretary
3. Bastian Irawan sebagai Operating Manajer
4. Chelsea Islan sebagai Marketing & Advertising manager
5. Rasyid sebagai Bussines Development Manager
6. Ben Joshua sebagai Supply Chain Management Manager
Tujuan di dirikannya perusahaan adalah sebagai penyedia berbagai olahan produk makanan yang unikdan enak,memberikan kualitas pelayanan yang baikdan selalu memberikan nilai tambah dalam produk dan pelayanannya dan senantiasa berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan. Jenis barang dan produk utama  yang dihasilkan:
1. produkdengan olahan Lele
2. produkdengan olahan Ayam
3. produkdengan olahan Bebek
4. produkdengan olahan Sayuran
5. aneka minuman
Susunan direksi perusahaan  adalahsebaga iberikut:
Direktur Utama                                   : Deva Mahenra
Direktur Administrasi dan keuangan  : Chelsea Islan
Tujuan dilakukannya audit adalah untuk:
1. Mengetahui apakah perusahaan telah menerapkan sistem  ISO 9001:2001
2. Mengetahui kualitas mutu produk perusahaan
3. memberikan saran saran  perbaikan atas kelemahan system pengendalian manajemen yang ditemukan.


BAB II
KESIMPULAN AUDIT
Berdasarkan temuan (bukti) yang telah kami peroleh selama audit yang kami lakukan, kami dapat menyimpulkan sebagai berikut:
Kondisi:
1. upayadokumentasi dalam penerapan system  manajemen kualitas ISO 9001:2001 yang dilakukan organisasi belum mencakup manual (bukupanduan) kualitasnya.
2.organisasi belum menetapkan suatu prosedur terdokumentasi dalam mengendalikan seluruh dokumen yang dibutuhkan perusahaan menurut persyaratan ISO 9001:2001 yang mencakup pengendalian persetujuan terhadap kecukupan dokumen perusahaan sebelum diterbitkan.
Kriteria:
1. dokumentasi dalam penerapan system  manajemen kualitas ISO 9001:2001 yang dilakukan organisasi telah mencakup manual (bukupanduan) kualitas.
2. organisasi telah menetapkan suatu prosedur terdokumentas iuntuk  mengendalikan seluruh dokumen yang dibutuhkan menurut persyaratan ISO 9001:2001 mencakup pengendalian persetujuan terhadap kecukupan dokumen sebelum diterbitkan.
Penyebab:
1. bagian manajemen kualitas tidak melakukan penerapan system manajemen  kualitas.
2. tidak menetapkan prosedur terdokumentasi yang  mengendalikan seluruh dokumen yang dibutuhkan.
Akibat:
1. dokumentasi dalam laporan keuangan dan  penerapan manajemennya belum maksimal di jalankan karena tidak menerapkan system manajemen kualitas ISO 9001:2001
2. dokumen-dokumen tidak terdokumentasi dengan baik dan pengendaliannya tidak terjalan dengan sempurna karena perusahaan tidak menerapkan prosedur dokumentasi dalam mengendalikan seluruh dokumen.
NO
Kondisi
Kriteria
Penyebab
Akibat
1
upayadokumentasidalampenerapan system manajemenkualitas ISO 9001:2001 yang dilakukanorganisasibelummencakup manual (bukupanduan) kualitasnya.
dokumentasidalampenerapan system manajemenkualitas ISO 9001:2001 yang dilakukanorganisasitelahmencakup manual (bukupanduan) kualitas.

bagianmanajemenkualitastidakmelakukanpenerapan system manajemenkualitas.
dokumentasidalamlaporankeuangandanpenerapanmanajemennyabelummaksimal di jalankankarenatidakmenerapkan system manajemenkualitas ISO 9001:2001
2
organisasibelummenetapkansuatuprosedurterdokumentasidalammengendalikanseluruhdokumen yang dibutuhkanperusahaanmenurutpersyaratan ISO 9001:2001 yang mencakuppengendalianpersetujuanterhadapkecukupandokumenperusahaansebelumditerbitkan.

organisasitelahmenetapkansuatuprosedurterdokumentasiuntukmengendalikanseluruhdokumen yang dibutuhkanmenurutpersyaratan ISO 9001:2001 mencakuppengendalianpersetujuanterhadapkecukupandokumensebelumditerbitkan.
tidakmenetapkanprosedurterdokumentasi yang mengendalikanseluruhdokumen yang dibutuhkan.
dokumen-dokumentidakterdokumentasidenganbaikdanpengendaliannyatidakterjalandengansempurnakarenapeusahaantidakmenerapkanprosedurdokumentasidalammengendalikanseluruhdokumen.











BAB III
REKOMENDASI
Hasil audit yang telah dilakukan menemukan beberapa kelemahan yang menjadi perhatian. Keputusan  melakukan perbaikan atas kelemahan ini sepenuhnya ada  pada manajemen, tetapi jika kelemahan ini tidak sesegera mungkin di tangani maka akan terjadi akibat yang lebih buruk pada perusahaan di masamendatang. Kelemahan ini terdiri dari:
1. kelemahan yang terjadi karena tidak adanya upaya dalam meningkatkan penerapan system manajemen kualitas berdasarkan ISO 9001:2001.
2. kelemahan ini terjadi karena perusahaan belum menetapkan prosedur terdokumentasi dengan mengendalikan seluruh dokumen yang dibutuhkan perusaan berdasarkan ISO 9001:2001.
Rekomendasi:
1. perusahaan seharusnya menerapkan penerapan system manajemen pengendalian kualitas berdasarkan ISO 9001:2001
2. perusahaan di harapkan bisa menerapkan prosedur dokumentasi yang telah ditetapkan ISO 9001:2001 kedalam pengendalian dokumen perusahaan.















BAB IV
RUANG LINGKUP AUDIT

Sesuai dengan tugas yang kami  terima, audit yang kami lakukan hanya meliputi masalah manajemen kualitas PT. XYZ untuk periode tahun  2014/2015. Audit kami mencakup upaya dokumentasi dalam  penerapan  system  manajemen kualitas ISO 9001:2001, prosedur terdokumentasi dalam  mengendalikan seluruh dokumen yang dibutuhkan  perusahaan menurut persyaratan ISO 9001:2001.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar